Sosialisasi Program dan Layanan Perpustakaan Kepada Mahasiswa Baru (User Education)

User Education (Pendidikan Pemakai) merupakan kegiatan pengenalan perpustakaan kepada pemustaka. UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol rutin melaksanakan kegiatan pendidikan pemakai sekali setahun. Kegiatan ini wajib diikuiti oleh seluruh mahasiswa baru sebagai syarat untuk mendapatkan kartu anggota perpustakaam dan sertifikat peserta. Tahun 2018, kegiatan pendidikan pemakai dilaksanakan pada tanggal 12 September hingga 25 September 2018. Tema yang diusung adalah “Cintailah Perpustakaan, Tak Kenal Maka Tak Cinta Perpustakaan” Nara Sumber dari kegiatan ini adalah semua tenaga pengelola perpustakaan di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang, baik pustakawan maupun tenaga teknis perpustakaan.

             Kegiatan ini dilakukan di Perpustakaan di UIN Imam Bonjol Padang setiap hari dengan 6 sesi acara. Tiap sesi dihadiri oleh 50-60 orang mahasiswa. Total mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 3157 orang.

              Materi yang disampaikan meliputi pengenalan staf perpustakaan, tata tertib, hak dan kewajiban mahasiswa, cara penelusuran informasi, tata cara proses sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku), pengenalan ruang dan fasilitas perpustakaan, dan layanan perpustakaan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan dengan baik. Mahasiswa memahami tata cara dan prosedur layanan di perpustakaan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan secara maksimal. Pustakawan sebagai orang yang melayani pun akan merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, karena mahasiswa sudah paham aturan di perpustakaan.

Share This Post
Sosialisasi Program dan Layanan Perpustakaan Kepada Mahasiswa Baru (User Education)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *