Pelatihan Penelusuran Google Book: Literasi Informasi untuk Pemustaka UIN Imam Bonjol Padang

Perpustakaan merupakan salah satu unsur penunjang kegiatan pembelajaran. Sesuai dengan fungsinya tersebut, perpustakaan hendaknya menyediakan sumber informasi kepada pemustakanya. Pada lingkungan perguruan tinggi, mahasiswa merupakan pemustaka yang paling banyak menggunakan perpustakaan. Sebagai syarat kelulusan, mahasiswa diwajibkan membuat tugas akhir. Dalam proses penulisannya, terkadang mahasiswa kesulitan dalam menemukan sumber referensi yang berkualitas.

Perpustakaan UIN IB Padang memandang perlu adanya upaya peningkatan literasi informasi. Dengan demikian, pada tanggal 15 Oktober 2018, diadakanlah Pelatihan Penelusuran Google Book: Literasi untuk Pemustaka UIN Imam Bonjol Padang.

Kegiatan ini diadakan di Aula Kampus I Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Narasumber dalam pelatihan ini adalah Kepala Lembaga Bahasa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Dr. Jamridafrizal, S.Ag.S.S., M.Hum. Peserta pada pelatihan ini adalah mahasiswa yang sedang dalam penyelesaian tugas akhir (D3, S1, S2, dan S3) sebanyak 50 orang.

Materi yang disampaikan narasumber yaitu pengenalan google book, cara menelusur informasi pada google book menggunakan kata kunci yang tepat, dan cara mendownloadnya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menelusur informasi secara cepat dan tepat hingga dapat menghasilkan karya yang berkualitas.

Share This Post
Pelatihan Penelusuran Google Book: Literasi Informasi untuk Pemustaka UIN Imam Bonjol Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *