Sharing Antar Pustakawan dalam Rangka Peringatan HUT IPI ke-49 Tahun di UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang

Kamis/7 Juli 2022, UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang ikut serta memperingati HUT IPI ke-49. Kegiatan ini sudah dimulai sejak Sabtu, 25 Juni 2022 dengan perlombaan tenis meja dan lomba makan kerupuk antar anak pustakawan. Pada tanggal 7 Juli merupakan puncak peringatan HUT IPI. Kegiatan ini dihadiri oleh pustakawan di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang, Universitas Negeri Padang, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. 

Acara diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Kelompok Pustakawan UIN Imam Bonjol Padang, Armen, S.SOS.,SIPI. Beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran dari Bapak/Ibu Pustakawan dari instansi lain. Semoga sesama pustakawan dapat saling berbagi ilmu dan motivasi serta dapat menjaga silaturahmi. Fauzi, SS., M.Si sebagai Kepala Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara peringatan HUT IPI ke-49. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Bapak Armen yang telah mempersiapkan kegiatan ini dan beliau mohon maaf pada undangan apabila ada penerimaan yang kurang baik. Semoga kita dapat berbagi pengalaman, mengambil hal-hal yang baik dan menerapkan di perpustakaan masing-masing. 

Kegiatan sharing antar pustakawan diawali dari Perpustakaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang diwakili oleh Bapak Rusdi Aras. Beliau menyampaikan bahwa jumlah pustakawan di Perpustakaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar yaitu 7 orang. Disana masih kekurangan ahli IT. Sistem yang digunakan untuk otomasi perpustakaan adalah E-Campus yang sudah terintegrasi dengan kegiatan akademik. Perpustakaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar sudah terakreditasi A.  Selanjutnya Bapak Armyson Amran dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Sumbar menyampaikan bahwa status akreditasi perpustakaan B. Masyarakat yang menjadi anggota masih sedikit yaitu 9.460 orang dari jutaan masyarakat dengan KTP Padang. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Selain itu, beliau berencana ini menambah jam layanan pada hari Minggu karena pada weekend lebih banyak masyarakat yang datang ke perpustakaan bersama anak-anaknya. Semoga hal tersebut bisa segera terealisasi. 

   

Sharing dari Perpustakaan Universitas Negeri Padang diwakilkan oleh Ibu Rida Prima Adri. Sistem yang digunakan dalam pengelolaan perpustakaan di UNP adalah SIP (Sistem Informasi Perpustakaan) yang dikembangkan sendiri oleh UNP. Perpustakaan UNP memiliki 24 orang pustakawan termasuk pustakawan yang ada di fakultas. Layanan Peminjaman Online (Sidaring) sudah diterapkan perpustakaan UNP. Pemustaka dapat melihat katalog online perpustakaan dan menentukan buku yang akan dipinjam, menghubungi admin/CP, kemudian perpustakaan mengirimkan ke alamat tujuan. Status peminjaman anggota akan diaktifkan apabila buku sudah sampai di tujuan. Koleksi E-Book dilanggan dari E-Perpus Gramedia yang penggunaannya masih sedikit karena masih baru dan sosialisasi yang belum maksimal. 

Ibu Zulfitri mewakili sharing dari Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan ke perpustakaan sudah mulai ramai. Sistem yang digunakan adalah SLiMS 9 dengan jaringan lokal. Perpustakaan juga sudah melakukan kegiatan literasi informasi (15 paket) seperti pengenalan e-resource Perpusnas, Ipusnas, Zotero, dll. Media sosial perpustakaan terdiri dari instagram, telegram, facebook, website, dan youtube. Namun, yg lebih aktif adalah telegram dan instagram yang update dan share informasi terbaru. Di Lantai 3 Perpustakaan juga tersedia layanan referensi seperti takhrij hadis, maktabah syamilah, dll.

   

Setelah sharing antar pustakawan kegiatan dilanjutkan dengan pemberian wakaf buku dari Bapak Raichul Amar kepada Perpustakaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar  serta pemotongan kue HUT IPI ke-49. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pemustaka dengan jumlah pinjaman terbanyak dan kunjungan terbanyak dari Juni 2021-Juni 2022. Selanjutnya pengumuman pemenang lomba tenis meja tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri, serta pengumuman pemenang lomba makan kerupuk antar anak pustakawan. Dengan adanya kegiatan ini, kita semua berharap silaturahmi antar pustakawan akan selalu terjaga dengan baik dan setiap perpustakaan dapat berkolaborasi satu sama lain.

Share This Post
Sharing Antar Pustakawan dalam Rangka Peringatan HUT IPI ke-49 Tahun di UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *