Serah Terima Jabatan Kepala UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang Periode Tahun 2021-2025

Masa jabatan ibu Zulfitri, S.Ag., MA sebagai Kepala UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang sudah berakhir pada tahun 2021 ini. Dari beberapa tahapan penjaringan yang dilakukan, maka terpilihlah Bapak Fauzi S.Ag.,SS.,M.Ag.,M.Si sebagai Kepala UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang periode tahun 2021-2025. Kegiatan serah terima jabatan antara Ibu Zufitri dan Bapak Fauzi dilakukan pada Kamis/30 September 2021.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Biro AAKK UIN Imam Bonjol Padang, H. Hendri S.Ag., M.Pd. Seluruh pustakawan di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang juga turut serta mengikuti kegiatan serah terima jabatan ini. Ibu Zulfitri selaku mantan Kepala UPT Perpustakaan mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pustakawan atas segala khilaf dan salah selama menjabat sebagai kepala perpustakaan. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama yang selama ini sudah terjalin pada setiap kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan.
Beliau juga menyampaikan tentang program perpustakaan yang telah terlaksana, sedang dilaksanakan dan yang belum terealisasi. Program yang telah teraksana yaitu ORS (Online Research Skill), Service Excellent, pengadaan koleksi, peningkatan sarana dan prasarana, bimbingan pemustaka, dan lain sebagainya. Program yang belum terealisasi yaitu akreditasi perpustakaan. Beliau berharap di masa kepemimpinan Bapak Fauzi semoga program ini dapat terlaksana dengan baik.
Sebagai Kepala UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang periode 2021-2025, Bapak Fauzi, S.Ag.,SS.,M.Ag., MSi menyampaikan bahwa jabatan ini sudah diatur oleh Allah SWT, kita hanya menjalankannya saja. Beliau percaya kepada seluruh pustakawan untuk dapat maju bersama. Beliau mengutip pidato Abu Bakar Ash-Shiddiq ketika terpilih menjadi pemimpin di masanya: “Aku telah ditunjuk menjadi wali, padahal diriku bukan yang terbaik diantara kalian. Jika ada ide-ide yang baik, bantu aku mewujudkannya, jika aku keliru maka luruskanlah. Sungguh, orang yang paling kuat di antara kalian adalah orang yang paling lemah di hadapanku, karena aku akan menuntut apa yang sudah menjadi kewajibannya. dan orang yang paling lemah di antara kalian adalah orang yang kuat di hadapanku, karena aku akan memberinya apa yang menjadi hak mereka.
Beliau berharap semua pustakawan dapat bekerjasama dalam membuat perpustakaan semakin maju. Seluruh pustakawan dirangkul agar memiliki kemampuan lebih dalam mengelola perpustakaan, seperti semua pustakawan hafal mengetik bahasa arab sesuai dengan pedoman transliterasi, karena banyak buku berbahasa arab yang diolah oleh pustakawan. Beliau mempunyai impian “Bookless Library” yaitu perpustakaan yang memanfaatkan teknologi digital dalam layanannya. Semoga semua itu dapat terwujud di masa kepemimpinan beliau, karena di masa pandemi ini mahasiswa sangat membutuhkan referensi namun tidak bisa langsung ke perpustakaan.
Terakhir, Kepala Biro AAKK Bapak H. Hendri S.Ag., M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Bu Zulfitri atas pelaksanaan program-program yang telah dijalankan. Beliau juga mengucapkan selamat dan semoga sukses atas jabatan baru yang diamanahkan kepada Bapak Fauzi. Semoga di tangan beliau perpustakaan semakin berjaya. Beliau berpesan untuk membangun sistem yang bagus, rangkul pemustaka dan ciptakan pelayanan prima.
Seluruh pustakawan berharap dengan dilantiknya Kepala UPT Perpustakaan yang baru dapat membuat perpustakaan semakin maju dan kompetensi pustakawan semakin meningkat. Sesuai dengan ucapan Bapak Fauzi bahwa seluruh pustakawan mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengikuti berbagai pelatihan atau seminar kepustakawanan. Peningkatan kompetensi pustakawan tentunya akan meningkatkan layanan perpustakaan yang prima kepada pemustaka.

Share This Post
Serah Terima Jabatan Kepala UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang Periode Tahun 2021-2025

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *