Pelatihan Service Excellent III Bagi Tenaga Perpustakaan dan Kependidikan UIN Imam Bonjol Padang

Sebagai lanjutan dari Service Excellent II, kali ini UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang melaksanakan Pelatihan Service Excellent III. Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa, 16 Februari 2021 di Lobi Perpustakaan UIB IB Padang. Peserta kegiatan ini terdiri pustakawan dan tenaga kependidikan yang berjumlah 30 orang.

Narasumber kali ini adalah Drs.H. Budi Arif Rahman dan Febriansyah, S.IKom yang merupakan Certified Trainer dari Magnet Rezeki. Kegiatan pelatihan diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Bapak Nasrul Makdis, S.IP.,MA, sepatah kata dari Ibu Zulfitri, S.Ag.,MA, dan barulah kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh WR I Ibu Dra. Hetti Waluati Triana, M.Pd.,P.hD.

Materi pertama adalah mengenai Tiga Jurus Keajaiban Rezeki yang disampaikan oleh Bapak Arif Bar. Beliau merupakan Ketua Yayasan Magnet Rezeki, Founder & CEO MEP Indonesia, dan Founder EOC Indonesia. Bapak Arif Bar menyampaikan bahwa service excellent erat kaitannya dengan kebahagiaan diri. Sebagai pustakawan dan tenaga kependidikan yang pekerjaannya melayani secara langsung, kita harus bahagia. Kita diciptakan oleh Allah untuk bahagia di dunia, kita semua mendapat rezeki yang berlimpah dari Allah. Untuk mendapatkan rezeki tersebut, kita harus melepas perisai rezeki yaitu dosa. Dosa menghambat kita untuk dapat hidup bahagia.

Lebih lanjut Bapak Arif Bar memaparkan tentang garis kebenaran, yaitu semua persoalan yang ada di dunia ini berasal dari anggapan bahwa seseorang merasa benar dan orang lain selalu salah. Seharusnya, kita yang menganggap diri sendiri salah dan orang lain selalu benar, maka persoalan apapun tidak akan terjadi karena kita selalu instropeksi diri kita sendiri. Kita harus selalu berpikiran positif apapun yang terjadi, karena menurut Napolean Hill, apa yang bisa diterima pikiran dan anda percaya, itu akan terjadi. Jadi, kita harus berhati-hati dengan apa yang kita pikirkan. Tiga jurus magnet rezeki yang beliau sampaikan yaitu memohon ampunan Allah SWT, Positive Thinking, dan disiplin kata.

Jurus selanjutnya disampaikan oleh Bapak Febriansyah,S.IKom, yaitu merawat terumbu karang. Materi yang disampaikan adalah The Power of Networking dan Rahasia Hadiah Keajaiban. Pada materi yang disampaikan Bapak Febriansyah barulah diketahui hubungan antara magnet rezeki dengan service excellent. Beliau menjelaskan bahwa rezeki kita sebagai pustakawan dan tenaga kependidikan adalah dari kebahagiaan dan kemuliaan orang lain. Kebahagiaan orang lain tersebut kita dapat dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh civitas akademika UIN IB Padang. Semua itu harus dimulai dari rumah kita sendiri, memberikan kebahagiaan dan kemuliaan pada Triangle Miracle (orang tuam pasangan, dan anak-anak). Awali dari rumah, maka di kantor pun kita akan bisa melaksanakan layanan dengan maksimal.

Ilmu untuk mensyukuri musibah juga disampaikan oleh Bapak Febriansyah. Musibah itu datangnya dari Allah, semuanya cara Allah dan itu yang terbaik untuk kita. Kita harus mencari hal positif pada setiap kejadian.

Share This Post
Pelatihan Service Excellent III Bagi Tenaga Perpustakaan dan Kependidikan UIN Imam Bonjol Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *