Halal Bihalal Kelompok Pustakawan dan Peringatan 20 Tahun Hari Buku Nasional

Jumat/20 Mei 2022, Kelompok  Pustakawan UIN Imam Bonjol Padang melaksanakan kegiatan Halal Bihalal dan Peringatan 20 Tahun Hari Buku Nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pustakawan di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang, Sekretaris Prodi D3 Ilmu Perpustakaan, serta pemerhati Perpustakaan Dr. Raichul Amar, M.Pd.

Acara diawali oleh sambutan dari Kepala UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang, Fauzi, S.Ag., M.Si. Beliau menyampaikan beberapa hal mengenai halal bihalal yang tertuang dalam surat Ali Imran Ayat 102-105. Poin pertama yaitu ajakan agar kita tidak berpecah belah atau melakukan sesuatu yang mengakibatkan perpecahan. Selanjutnya ajakan untuk berbuat kebajikan serta mencegah perbuatan yang mungkar.  Beliau berharap kelompok pustakawan bisa semakin solid dan melaksanakan sesuatu berdasarkan kebajikan.

      

Bapak Armen selaku ketua kelompok pustakawan juga menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan mohon maaf lahir bathin, karena kita masih berada di bulan syawal dan semoga ibadah yang telah dilakukan selama ramadhan dapat diterima oleh Allah SWT. Mengenai peringatan Hari Buku Nasional beliau berharap agar kita semua dapat lebih mencintai buku dan menggerakkan orang lain untuk mencintai buku. Buku pada zaman saat ini, tidak hanya buku tercetak, juga terdapat buku elektronik yang dapat diperoleh dengan mudah.

Kegiatan Halal Bihalal dimulai dengan Tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Drs. Bustanul Syukri, MA. Beliau menyampaikan hal tentang membaca. Bukan membaca buku, namun membaca diri masing-masing terkait dengan hablumminallah (hubungan kita dengan Allah SWT). Bagaimana cara kita dapat meningkatkan dimensi spiritual pasca ramadhan. Kita harus dapat meningkatkan ibadah yang selama ini telah dijalani untuk mempersiapkan diri menghadap Allah SWT. Ibadah apapun itu harus dilakukan dengan niat ikhlas demi mengharap ridho Allah SWT. Allah SWT saja tidak mengharapkan syukur dari hamba-Nya.

Peringatan Hari Buku Nasional diawali dengan sambutan dari Bapak Erida selaku sekretaris Prodi D3 Ilmu Perpustakaan. Beliau menyampaikan semoga kita dapat menambah literasi civitas akademika yang ada di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang dengan selalu berbagi informasi. Raichul Amar selaku pemerhati perpustakaan juga menyerahkan wakaf buku hari ke 4 pada Bapak Sefri Doni yang akan membuat taman bacaan di rumahnya. Beliau berharap buku yang disumbangkan dapat bermanfaat. Acara diakhiri dengan pemotongan kue Hari Buku Nasional dan makan bersama pustakawan

    

 

 

 

 

 

Share This Post
Halal Bihalal Kelompok Pustakawan dan Peringatan 20 Tahun Hari Buku Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *